TipsTrik

Tips atasi masalah gagal menginstall/mengupdate aplikasi dari App Store

0 81159

Artikel ini sudah di baca 95401 kali!

Unable to Purchase
(nama aplikasi) could not be purchased at this time. Please try again later.
Setelah mempelajari masalah ini, satu kesamaan antara satu keluhan dan yang lain yang saya temukan adalah masalah-masalah ini muncul ketika iDevicenya baru diupdate/upgrade ke iOS versi terbaru (biasanya via OTA).Satu kemungkinan penyebab masalah ini adalah terjadinya miskonfigurasi pada iDevice Anda setelah proses update iOS sehingga App Store tidak bisa melayani permintaan Anda. Penyebab lainnya adalah adanya sebuah atau beberapa aplikasi yang proses downloadnya tertunda (pending) yang mungkin saja terjadi karena terhenti secara tiba-tiba karena masalah jaringan atau karena dihentikan/jeda oleh Anda sendiri.Sayangnya masalah ini terbilang cukup umum terjadi, dan sejauh ini belum ada cara khusus yang dijamin bisa bekerja 100%, selain daripada mengikuti beberapa trik/workaround, atau mendownload aplikasi via iTunes dan melakukan sinkronisasi belakangan. 

Walaupun saya tidak bisa menjamin ini bisa bekerja sempurna dan menyelesaikan masalah Anda, tapi berikut ini adalah beberapa trik yang bisa Anda coba:

  1. Reboot iDevice Anda. Mungkin hanya butuh sekali, mungkin juga perlu dua sampai tiga kali. Keep trying.
  2. Pastikan Anda terhubung ke jaringan wi-fi atau jaringan seluler yang cukup stabil untuk mendownload sebuah aplikasi. Anda mungkin saja perlu berpindah-pindah antara kedua jenis koneksi ini untuk menentukan mana yang paling stabil.
  3. Kalau merasa koneksi wi-fi di tempat Anda bermasalah atau jaringan dari operator seluler Anda tidak bisa diandalkan, cobalah untuk menggunakan jaringan wi-fi lain atau kartu SIM lainnya.
  4. Nonaktifkan fitur Restrictions (Pembatasan). Buka Settings > General, lalu nonaktifkan Restrictions. Kalau memang fitur ini dibutuhkan, pastikan Anda mengijinkan (Allow) “Installing Apps” agar Anda tetap bisa menginstall aplikasi dari App Store.
  5. Nonaktifkan fitur Automatic App Updates (update aplikasi secara otomatis). Buka Settings > iTunes & App Store, dan nonaktifkan “Apps” dan “Updates” dari daftar. Fungsinya adalah untuk mencegah aplikasi dan pembaruannya terdownload secara otomatis atau tanpa Anda sadari. Berguna jika Anda tidak selalu berada pada daerah dengan koneksi internet stabil/kencang.
  6. Sign out dari App Store. Buka Settings > Store, kemudian tap pada Apple ID Anda dan pilih sign out. Setelah sign out, reboot iDevice dan sign in kembali dengan Apple ID Anda dan cobalah untuk mendownload sebuah aplikasi. Ingat ya, sewaktu memasukkan password/sign ini, jangan sampai salah.
  7. Kalau masih gagal, cobalah untuk Reset Network Settings, bisa diakses dari Settings > General > Reset. Tapi ingat, mereset jaringan akan menghapus semua konfigurasi jaringan yang sudah ada sebelumnya pada iDevice Anda, termasuk password wi-fi dan APN.
  8. Kalau masih belum berhasil juga, cobalah untuk merestore ulang iDevice Anda dari iTunes. Setelah proses restore selesai, mungkin Anda perlu mengatur iDevice Anda sebagai perangkat baru (set as new) agar semua konfigurasi di dalamnya masih bawaan atau standar. Kemudian cobalah untuk mendownload sebuah aplikasi dari App Store. Kalau sukses, lanjutkan dengan melakukan prosesrestore from backup untuk mengembalikan data-data yang sudah Anda backup sebelumnya.



Trik tambahan, adalah dengan menghapus sebuah atau beberapa file aplikasi yang gagal didownload dan menumpuk pada sebuah direktori iOS.

Berikut cara yang bisa Anda coba:

  1. Download dan install aplikasi file manager ke komputer Anda yang bisa digunakan untuk membaca file system iOS. Bisa iExplorer, iTools, i-Funbox, dll terserah Anda.
  2. Setelah Anda menginstall salah satunya, jalankan program tersebut.
  3. Hubungkan iDevice Anda ke komputer, dan tunggu sampai iDevice Anda telah terdeteksi dengan baik, dan muncul pada jendela program tersebut.
  4. Kalau iDevice Anda sudah terbaca dengan baik, telusuri direktori Downloads (lokasinya di/var/mobile/Media/Downloads).
  5. Kalau tebakan saya benar (terjadi penumpukan), maka Anda akan melihat ada beberapa folder dengan nama berupa angka-angka acak yang berisi file-file dari aplikasi yang ingin Anda download dari App Store.
  6. Scroll sampai ke bawah, dan Anda akan menemukan file sqlitedb, misalnya sajadownloads.10.sqlitedb. Anda tidak perlu menghapus file ini tetapi cukup ubah namanya saja, misalnya menjadi downloads.10.sqlitedb_old.
  7. Setelah mengubah namanya, tutup programnya, cabut iDevice Anda dari komputer dan reboot iDevice Anda.

Dengan mengikuti cara-cara di atas semoga masalah Anda bisa selesai, dan iDevice Anda normal kembali

FacebooktwitterlinkedinmailFacebooktwitterlinkedinmail

About the author / 

Onno Praditya

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULAR The most recent

  • Cara Ubah Background Safari di iOS 15

    Artikel ini sudah di baca 11455 kali! worajv.com – Update iOS 15 telah resmi digulirkan Apple dengan segala macam pembaruan di dalamnya. Salah satu layanan bawaan iOS yang mendapat pembaruan di iOS 15 adalah aplikasi browser Safari. Apple telah melakukan perubahan desain bar navigasi Safari dalam update iOS 15. Kemudian terdapat pula pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk menekan…

  • Cara Untuk Scan Tulisan Tangan Menjadi Teks Digital di iOS 15.4

    Artikel ini sudah di baca 11551 kali! worajv.com – Apple telah meluncurkan iOS 15.4 dan iPadOS 15.4 untuk pengguna umum pada 14 Maret 2022 lalu. iOS 15.4 menghadirkan sejumlah fitur unggulan yang mampu mempermudah pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan menggunakan perangkat iPhone dan iPad. Salah satu fitur baru di iOS 15.4 yang bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan pengguna adalah fitur…

LATEST COMMENTS

    Digital Ads

    GET IN TOUCH

    Yuk Buruan Follow akun dibawah berikut ini agar mendapatkan informasi yang lebih cepat dari Onno Sites

    Stay up-to date with the latest news and other stuffs, Sign Up today!