TipsTrik

Tips Merawat Baterai MacBook

0 579

Artikel ini sudah di baca 2545 kali!

worajv.com — Siapa sih yang tidak ingin agar baterai MacBook-nya awet. Bagi orang yang mempunyai MacBook, terkadang MacBook sudah selayaknya pacarnya sendiri #pengalamanpribadi. Kamu tidak bisa membayangkan bagaimana ketika MacBook-mu sudah tidak bisa memuaskan dirimu karena daya tahan baterai yang jauh melemah. Bahkan pengalaman teman saya punya MacBook tapi baterainya hanya bertahan 30 menit. Naas bukan?

Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat baterai MacBook yang benar. Banyak sekali anggapan-anggapan masyarakat yang salah tentang bagaimana cara merawat baterai laptop, apalagi MacBook. Berikut adalah ulasannya.

Mengecek Cycle Count Baterai MacBook

Pernah tahu apa yang dimaksud dengan Cycle Count? Mungkin istilah ini belum akrab bagi kamu yang bukan pengguna atau pengguna baru MacBook. Cycle Count adalah jumlah berapa kali diisi baterai MacBook-mu. Cycle Count ini terkadang juga digunakan untuk mengetahui sering atau tidaknya MacBook tersebut dipakai, layaknya Speedometer pada kendaraan bermotor.

Berikut ini adalah cara mengecek Cycle Count di MacBook-mu. Klik lambang apel yang ada di pojok kiri atas. Lalu pilih “About This Mac”.

Setelah itu akan muncul popup seperti di bawah ini. Klik pada “More Info… “.

Setelah itu akan muncul popup lagi seperti di bawah ini. Klik pada “System Report… “.

Kemudian akan muncul banyak informasi mengenai perangkat keras MacBook-mu. Klik pada tab “Power” lalu perhatikan “Cycle Count”. Dalam kasus ini, MacBook-ku mempunyai Cycle Count sejumlah 777. Cycle Count 777 ini didapat karena sudah aktif beroperasi sejak Juni 2011 lalu.

Biasanya, Cycle Count yang masih di bawah angka 300 kondisi baterai masih 100 persen bekerja dengan baik. Jika kasusnya Cycle Count sudah mencapai 777, maka baterai kemampuannya sudah tidak 100 persen lagi mungkin 80 persen.

Tips Merawat Baterai MacBook

Setelah mengetahui tentang Cycle Count, kesimpulannya adalah bagaimana cara meminimalisasi pertambahan Cycle Count ini dengan cara memperhatikan cara pengisian baterai MacBook. Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan melepas baterai laptop, agar baterai tidak boros. Padahal cara ini adalah cara yang paling berbahaya. Mengapa berbahaya?

Pernahkah kamu berpikir jika kamu melepas baterai dan mengandalkan sumber daya dari charger? Tentu apabila terjadi mati lampu, maka laptop-mu akan mati secara tiba-tiba. Hal ini sangat berdampak buruk pada Harddisk dan Motherboard. Bisa kamu bayangkan berapa harga Motherboard apabila rusak? Tentu jauh lebih mahal dari harga baterai.

Untungnya, sebagian besar MacBook menggunakan unibody. Kamu dipaksa untuk tidak bisa melepas baterai, kecuali dengan melepas skrup-skrup terlebih dahulu. Sungguh merepotkan, kan?

Maka cara yang paling tepat adalah dengan melakukan pengisian yang wajar. Apabila baterai sudah menunjukkan peringatan akan habis, segera charge. Lantas, ketika sudah penuh 100 persen, apakah langsung dicopot? Tidak. Mencopot charger ketika mencapai 100 persen adalah tindakan yang kurang tepat. Hal ini tidak akan merusak baterai, namun akan mempercepat laju Cycle Count.

Langkah yang tepat adalah dengan membiarkannya terus terpasang. Hingga kapan? Hingga tanda baterai melakukan hitungan balik. Ketika diisi, baterai akan penuh hingga 100 persen. Setelah itu, MacBook akan mengambil daya langsung dari charger. Di dalam sistem Mac OS, terdapat sistem yang unik, yang melakukan hitungan mundur. Kamu akan melihat tanda tetap hijau di penanda charger, namun persen baterai akan berkurang, tidak lagi 100 persen. Ketika tanda baterai mencapai 95 persen, maka saat itulah saat yang tepat untuk melepas charger.

Lalu gunakan MacBook-mu tanpa terhubung dengan charger. Apabila baterai mencapai sekitar 23 persen, lakukan pengisian kembali. Lakukan hal yang sama apabila telah mencapai 100 persen. Cara seperti ini akan menghambat laju Cycle Count MacBook-mu.

Kalibrasi Baterai MacBook Sebulan Sekali

Jika kamu sudah melakukan tips tersebut, jangan lupa untuk melakukan kalibrasi baterai MacBook sebulan setidaknya sekali. Kalibrasi ini dilakukan agar baterai MacBook-mu tetap sehat. Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai? Caranya adalah dengan memakai MacBook hingga baterai mencapai 5 persen tanpa charging. Setelah mencapai 5 persen, lakukan lagi pengisian sebagaimana tips yang saya paparkan di atas. Cara ini digunakan agar sel-sel baterai bekerja sebagaimana mestinya.

Tips Menghemat Cycle Count Lainnya

Selain itu, tips menghemat Cycle Count lainnya adalah dengan tidak mematikan MacBook apabila akan digunakan dalam jangka waktu dekat. Cukup lakukan sleep, dengan menutup MacBook. Namun, apabila kamu bepergian lebih baik matikan MacBook. Hal ini dilakukan untuk menghindari guncangan saat bepergian yang dapat mengganggu kerja Harddisk.

Itulah tips yang bisa saya bagikan tentang merawat baterai MacBook berdasarkan yang saya ketahui dan saya alami mulai tahun 2009 hingga 2013 ini. Semoga bermanfaat.

FacebooktwitterlinkedinmailFacebooktwitterlinkedinmail

About the author / 

Onno Praditya

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

POPULAR The most recent

  • Mac

    Cara Potong Video di Mac mengunakan Quick Time Player

    Artikel ini sudah di baca 21341 kali!Ekosistem Mac menyediakan QuickTime Player sebagai aplikasi default untuk menyaksikan video. Pengguna dapat menonton video dengan dua cara, melalui preview dengan hanya klik tombol spasi atau dengan double click untuk membuka video di QuickTime Player. Dikembangkan secara khusus oleh Apple, tahukah kamu bahwa QuickTime Player memiliki beragam fungsi tambahan? Bahkan, QuickTime Player dapat memotong…

  • Cara Membersihkan History dan Cache Pada Safari macOS

    Artikel ini sudah di baca 25736 kali!Berikut adalah cara untuk membersihkan riwayat (history) pada safari macOS : Buka Safari Di bar menu pilih History Pada daftar paling bawah, pilih Clear History Kamu dapat memilih rentang waktu riwayat yang ingin kamu hapus. Jika sudah memilih rentang waktu, klik Clear History Begini cara untuk membersihkan cache: Pada menu bar, pilih Preferences Di sisi kanan atas pilih…

LATEST COMMENTS

Digital Ads

GET IN TOUCH

Yuk Buruan Follow akun dibawah berikut ini agar mendapatkan informasi yang lebih cepat dari Onno Sites

Stay up-to date with the latest news and other stuffs, Sign Up today!