TipsTrik

Tips Hemat Baterai MacBook Pro dan MacBook Air

0 171

Artikel ini sudah di baca 1922 kali!

worajv.com — Apple mendesain perangkat laptop Macbook Pro dan Macbook Air dengan kualitas baterai yang diklaim dapat bertahan setengah hari atau bahkan lebih. Hal ini dilakukan untuk mendukung program internasional go green dan membantu mobilitas pengguna.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna komputer jinjing itu dalam menghemat daya baterai agar mereka tidak repot mencari stop kontak ketika sedang bepergian atau bekerja di luar rumah. Berikut tips dari tim situs web MakeMac.com yang fokus mengamati teknologi dan produk Apple.

Gunakan OS X Mavericks

Lakukan pembaruan OS X Maverick bila Macbook Pro atau Macbook Air Anda masuk daftar komputer yang didukung OS X 10.9 ini. Apple memberikan beberapa fitur baru di OS X Mavericks yang berguna untuk menghemat baterai. Salah satunya adalah Power Nap dan Safari Power Saver. Bahkan iTunes juga diklaim lebih hemat daya pada OS X Mavericks.

Perketat pengaturan Energy Saver

Lakukan pengaturan Energy Saver dari menu System Preferences lalu pilih Energy Saver. Ubah pengaturan pada Battery dan Power Adapter sekecil mungkin, namun pertimbangkan juga agar tidak mengganggu aktivitas. Beri tanda checklist pada mode ‘Put hard disks to sleep when possible’ untuk mengistirahatkan media penyimpanan data (hard disk atau SSD) saat tidak digunakan.

Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth

Perangkat nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth dapat dimatikan saat tidak digunakan. Selain dapat mengurangi penggunaan baterai, hal ini dapat mencegah orang-orang usil untuk berbuat tidak baik seperti mengakses shared folder yang dibuat atau hal lainnya.

Mengurangi kecerahan layar

Pengguna bisa mengurangi kecerahan (brigthness) pada layar komputer Mac untuk menghemat baterai. Dengan tingkat brightness yang rendah, mata akan lebih nyaman untuk melihat layar dan tidak cepat lelah. Hal yang sama juga dapat dilakukan untukbacklight keyboard agar mendapatkan cahaya yang redup dan lebih nyaman.

Mencabut perangkat eksternal

Perangkat eksternal seperti USB flashdisk, hardisk external atau pembaca DVD eksternal sebaiknya dicabut saat tidak menggunakannya. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti listrik yang mati dan membuat hardisk eksternal dengan tenaga listrik menjadi error.

Selain itu, mencabut perangkat eksternal yang tak terpakai juga akan memberi kenyamanan kepada pengguna saat bekerja dari kabel-kabel yang terhubung ke komputer.

FacebooktwitterlinkedinmailFacebooktwitterlinkedinmail

About the author / 

Onno Praditya

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

POPULAR The most recent

  • Mac

    Cara Potong Video di Mac mengunakan Quick Time Player

    Artikel ini sudah di baca 23342 kali!Ekosistem Mac menyediakan QuickTime Player sebagai aplikasi default untuk menyaksikan video. Pengguna dapat menonton video dengan dua cara, melalui preview dengan hanya klik tombol spasi atau dengan double click untuk membuka video di QuickTime Player. Dikembangkan secara khusus oleh Apple, tahukah kamu bahwa QuickTime Player memiliki beragam fungsi tambahan? Bahkan, QuickTime Player dapat memotong…

  • Cara Membersihkan History dan Cache Pada Safari macOS

    Artikel ini sudah di baca 27738 kali!Berikut adalah cara untuk membersihkan riwayat (history) pada safari macOS : Buka Safari Di bar menu pilih History Pada daftar paling bawah, pilih Clear History Kamu dapat memilih rentang waktu riwayat yang ingin kamu hapus. Jika sudah memilih rentang waktu, klik Clear History Begini cara untuk membersihkan cache: Pada menu bar, pilih Preferences Di sisi kanan atas pilih…

LATEST COMMENTS

Digital Ads

GET IN TOUCH

Yuk Buruan Follow akun dibawah berikut ini agar mendapatkan informasi yang lebih cepat dari Onno Sites

Stay up-to date with the latest news and other stuffs, Sign Up today!