TipsTrik

Langkah Penting Sebelum Meng-Install OS X Mavericks

0 329

Artikel ini sudah di baca 1767 kali!

osxmavericks

Worajv.com Apple telah secara resmi merilis OS X Mavericks dalam acara peluncuran yang diadakan 23 Oktober silam. Kini, Anda  yang memiliki komputer Mac akan bisa langsung mengunduh secara gratis sistem operasi terbaru tersebut. Namun sebelum meng-install OS X Mavericks, Anda wajib melakukan langkah-langkah penting yang tampaknya justru sering terlupakan.

Berikut ini adalah beberapa tips sebelum Anda meningkatkan kemampuan komputer Mac kalian dengan OS X Mavericks.

Cek ulang spesifikasi komputer

Langkah pertama dan paling utama, adalah memastikan bahwa MacBook kalian mampu menopang OS X Mavericks. Bila MacBook milik Anda beroperasi dengan sistem OS X Mountain Lion, maka kalian bisa segera melakukan upgrade.

Selain itu, Apple juga merilis beberapa MacBook yang kompatibel dengan Mavericks, antara lain iMac yang dirilis pertengahan tahun 2007, MacBook Air pada akhir 2008, dan Mac Mini di awal 2009.

Namun bila kalian ragu, maka Apple Apps Store akan langsung menguji kompatibilitas sistem, sebelum meng-install OS X Mavericks.

Hilangkan semua masalah lama

Demi memastikan sistem bisa berjalan dengan lancar, maka Anda wajib memeriksa kembali Mac kalian. Bila komputer kalian kerap mengalami crash atau freeze di tengah-tengah penggunaan, maka kalian wajib memperbaikinya terlebih dahulu.

Apabila Anda juga tidak bisa melakukan login ke dalam user account, menyalakan layanan sharing, atau membuat sambungan antar perangkat, sangat disarankan bagi kalian untuk segera melakukan perbaikan sebelum meng-install OS X Mavericks.

Update/upgrade software pihak ketiga

Periksa kompatibilitas piranti lunak yang telah kalian pasang di dalam komputer Mac. Apakah software tersebut bisa beroperasi di bawah sistem OS X Mavericks atau tidak. Bila tidak, segera lakukan update atau upgrade.

Langkah ini mungkin terkesan sangat sepele. Tetapi, jangan mengeluh apabila program kalian tiba-tiba tidak bisa dijalankan atau malah menyebabkan crash.

Backup

Langkah terakhir mungkin menjadi langkah yang paling penting. Selalu backup data-data penting yang tersimpan di dalam hard drive. Meskipun sebagian besar laporan mengatakan bahwa proses upgrade ke Mavericks berjalan normal, tetapi kesialan tetap tidak bisa diprediksi.

Manfaatkan Apple Time Machine untuk menyimpan data-data penting sebelum upgrade. Bila kalian merasa kesulitan, maka tidak ada salahnya untuk mengambil sebuah external hard drive dan mentransfer data dan dokumen penting yang tersimpan di dalam komputer kalian.

FacebooktwitterlinkedinmailFacebooktwitterlinkedinmail

About the author / 

Onno Praditya

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

POPULAR The most recent

  • Mac

    Cara Potong Video di Mac mengunakan Quick Time Player

    Artikel ini sudah di baca 23346 kali!Ekosistem Mac menyediakan QuickTime Player sebagai aplikasi default untuk menyaksikan video. Pengguna dapat menonton video dengan dua cara, melalui preview dengan hanya klik tombol spasi atau dengan double click untuk membuka video di QuickTime Player. Dikembangkan secara khusus oleh Apple, tahukah kamu bahwa QuickTime Player memiliki beragam fungsi tambahan? Bahkan, QuickTime Player dapat memotong…

  • Cara Membersihkan History dan Cache Pada Safari macOS

    Artikel ini sudah di baca 27742 kali!Berikut adalah cara untuk membersihkan riwayat (history) pada safari macOS : Buka Safari Di bar menu pilih History Pada daftar paling bawah, pilih Clear History Kamu dapat memilih rentang waktu riwayat yang ingin kamu hapus. Jika sudah memilih rentang waktu, klik Clear History Begini cara untuk membersihkan cache: Pada menu bar, pilih Preferences Di sisi kanan atas pilih…

LATEST COMMENTS

Digital Ads

GET IN TOUCH

Yuk Buruan Follow akun dibawah berikut ini agar mendapatkan informasi yang lebih cepat dari Onno Sites

Stay up-to date with the latest news and other stuffs, Sign Up today!