TipsTrik

Cara Membedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu (Replika)

1 665

Artikel ini sudah di baca 6376 kali!

worajv.com — Apakah kamu pernah merasa ketakukan ketika membeli produk iPhone yang bukan dari authorized Apple reseller? Ketakukan kamu adalah sesuatu yang wajar mengingat saat ini banyak beredar produk iPhone replika.

Apa itu iPhone replika? iPhone replika adalah sebuah ponsel yang dirakit sedemikian rupa supaya mirip dengan iPhone asli, dengan material, sistem operasi, dan kualitas spesifikasi, jauh berbeda dengan iPhone sebenarnya. Beberapa iPhone replika menggunakan sistem operasi Android dan beberapa lainnya menggunakan sistem operasi yang benar-benar tidak diketahui.

Nah, jika sudah begini, kamu memerlukan pengetahuan yang lebih untuk memilah mana iPhone asli dan mana yang palsu. Berikut ini kami hadirkan langkah apa saja yang harus kamu lakukan, buat mengetahui perbedaan iPhone asli dan iPhone replika.

1. Bedakan ‘Feel’ Material yang Digunakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa material iPhone yang asli akan terasa sangat premium. Sebut saja iPhone 4. Apple memadukan material kaca dan alumunium ke dalam perangkat tersebut, sehingga memberikan kesan yang kuat dan kokoh ketika digenggam.

Tidak ada pula iPhone replika yang mampu menyamai kualitas layar Retina, dan sebenarnya, tidak sulit membedakan mana layar Retina dan mana yang bukan; apabila kamu bisa melihat piksel di layar iPhone 5S dengan mudah dari jarak pandang yang cukup jauh dari perangkat, maka bisa dipastikan jika itu bukan layar retina.

Layar Retina atau retina display adalah layar dengan ukuran dioda yang sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat dengan mudah oleh mata manusia dari posisi yang agak jauh. 1 dioda di layar non-Retina terbagi menjadi 4 di layar Retina.

Satu hal lagi, jika kamu melihat adanya logo-logo yang memberikan kesan tidak presisi pada sebuah iPhone, itu sudah salah satu indikasi jika iPhone yang kamu lihat tersebut palsu.

2. Jika iTunes Mampu mendeteksi, Maka itu iPhone Asli

Dalam kasus ini, layaknya semua pangkalan atau stasiun, mereka pasti kenal dengan kereta atau kendaraan yang biasa atau seharusnya mereka akomodir, benar? Ya, sama saja halnya dengan iTunes dan iPhone.

Jika iTunes tidak mampu mengenali sebuah iPhone – meski tidak ada kerusakkan dari kabel 30-pin atau Lightning, maka kamu sudah harus curiga jika iPhone tersebut hanyalah replika. Tapi jika ia mampu mengenali sebuah iPhone, maka kamu sudah boleh bernafas lega.

3. App Store, Bukan Google Play

Satu hal yang perlu diingat, tidak ada sistem operasi manapun di Bumi ini yang menggunakanApp Store sebagai pasar aplikasi selain Apple. Seperti yang kita tahu, sekarang setiap platform pasti memiliki pasar aplikasinya sendiri, sebut saja Google dengan Google Play, Windows dengan Windows Phone Store dan BlackBerry dengan BlackBerry App World.

Kebanyakan iPhone replika menggunakan sistem operasi Android – sekali lagi, kebanyakan. Biasanya, produsen-produsen iPhone tiruan menghadirkan tampilan yang benar-benar mirip dengan antarmuka iOS. Jika sudah begini, maka yang harus kamu periksa adalah validitas App Store dan iTunes Store.

Apabila kamu diarahkan benar-benar ke dalam App Store hingga bisa login dengan Apple ID atau membuat Apple ID, maka bisa dipastikan jika iPhone itu asli. Tapi apabila kamu malah masuk ke dalam Google Play, lebih baik jangan beli iPhone tersebut karena itu iPhone replika.

4. iPhone Asli Bisa Mengambil Screenshot dengan Cara Biasa

Ya, judulnya sudah sangat menjelaskan. Cara menangkap screenshot di iPhone, iPad dan iPod touch adalah dengan menekan tombol lock bersamaan dengan home button. Apabila sebuah iPhone tidak dapat melakukan hal tersebut, bisa dipastikan jika perangkat tersebut palsu. Belum banyak yang tahu jika hal sesederhana ini, ternyata bisa membuat kita tahu apakah sebuah iPhone itu asli atau palsu.

5. Harga iPhone Sangat Murah? Itu Palsu!

Ini adalah indikasi paling mudah untuk melihat keaslian sebuah iPhone. Tidak mungkin ada penjual yang mau membanderol iPhone 5s dengan harga Rp 1 juta atau Rp 2 juta – meskipun iPhone 5S-nya ia dapat dari hadiah seorang teman atau kolega, itu sangat sangat sangat tidak mungkin. Berapa harga iPhone 5s di Indonesia? Tembus ke angka Rp 10 juta.

Harga menentukan semuanya dan apabila sudah terlalu murah, lebih baik kamu berhati-hati. Kamu masih beruntung jika ternyata malah mendapat iPhone replika. Banyak yang sudah mengalami bahwa sesudah melakukan transfer uang pembayaran, iPhone tidak kunjung dikirim.

FacebooktwitterlinkedinmailFacebooktwitterlinkedinmail

About the author / 

Onno Praditya

Related Posts

1 Comment

  1. Faisal July 27, 2015 at 3:07 am -  Reply

    mendingan beli langsung di tokonya kali ya biar bisa langsung dicek asli atau enggaknya. daripada beli online trus udah bayar dan barangnya dateng baru bisa dicek, eh taunya palsu, kan sedih yaaa

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

POPULAR The most recent

  • Mac

    Cara Potong Video di Mac mengunakan Quick Time Player

    Artikel ini sudah di baca 23356 kali!Ekosistem Mac menyediakan QuickTime Player sebagai aplikasi default untuk menyaksikan video. Pengguna dapat menonton video dengan dua cara, melalui preview dengan hanya klik tombol spasi atau dengan double click untuk membuka video di QuickTime Player. Dikembangkan secara khusus oleh Apple, tahukah kamu bahwa QuickTime Player memiliki beragam fungsi tambahan? Bahkan, QuickTime Player dapat memotong…

  • Cara Membersihkan History dan Cache Pada Safari macOS

    Artikel ini sudah di baca 27752 kali!Berikut adalah cara untuk membersihkan riwayat (history) pada safari macOS : Buka Safari Di bar menu pilih History Pada daftar paling bawah, pilih Clear History Kamu dapat memilih rentang waktu riwayat yang ingin kamu hapus. Jika sudah memilih rentang waktu, klik Clear History Begini cara untuk membersihkan cache: Pada menu bar, pilih Preferences Di sisi kanan atas pilih…

LATEST COMMENTS

Digital Ads

GET IN TOUCH

Yuk Buruan Follow akun dibawah berikut ini agar mendapatkan informasi yang lebih cepat dari Onno Sites

Stay up-to date with the latest news and other stuffs, Sign Up today!